Kaki Bengkak Saat Melahirkan? Inilah Caranya Mengatasinya



Wanita akan alami banyak pergantian pada tubuhnya saat melahirkan. Salah satunya pergantian yang seringkali membuat wanita merasakan cemas ialah pembengkakan di ruang kaki atau yang dikenal juga dengan nama edema tungkai. Keadaan ini sebetulnya normal serta tidak mencemaskan. Tetapi, tetap kaki abuh ini akan kurangi rasa yakin diri sebab mengganggu tampilan.

Badan yang alami pembengkakan sesudah melahirkan nyatanya bukan sekedar berlangsung di ruang kaki saja. Terkadang sisi tangan serta muka ikut abuh saat bersalin. Lalu, apa sich pemicu kaki abuh sesudah melahirkan? Bagaimanakah cara menanganinya? Dapatkan jawaban sedetailnya dari Bacaterus di sini.

Pemicu Kaki Abuh Sesudah Melahirkan
Badan akan membuahkan darah serta cairan 50% makin banyak waktu kehamilan. Keadaan ini berlangsung supaya janin di kandungan bisa berkembang secara baik. Saat melahirkan, tidak semua darah serta cairan ini turut keluar dari badan. Akhirnya, kelebihan darah serta cairan ini akan menjadi hormon serta retensi cairan yang memunculkan abuh dibagian badan.

Ada beberapa unsur yang makin mendukung efek kaki jadi abuh sesudah melahirkan, beberapa salah satunya ialah:

Pembesaran Rahim
Sepanjang kehamilan, ukuran rahim akan makin jadi membesar serta punya potensi mendesak pembuluh vena di kaki. Keadaan ini mengakibatkan saluran darah balik dibagian badan jadi terhalang serta berimbas pada kaki abuh. Abuh ini akan tinggal walau Anda telah lewat proses persalinan.

Cairan Infus
Saat proses persalinan berjalan, beberapa keadaan mewajibkan wanita hamil memperoleh cairan infus. Umumnya aksi ini dikerjakan saat Anda pilih persalinan caesar. Cairan infus mengakibatkan cairan badan turut makin bertambah serta bergabung pada satu ruang badan hingga berlangsung pembengkakan.

Ligamen Badan Melonggar
Tanpa ada Anda sadari, ligamen badan atau jaringan ikat bisa menjadi lebih longgar sepanjang kehamilan. Tidak cuma ukuran pakaian saja yang menjadi semakin besar, ukuran kaki juga jadi semakin besar. Hal itu karena jaringan ikat di seputar kaki ikut melonggar serta membuat kaki jadi turut membengkak.

Biasanya, pembengkakan di ruang kaki sesudah melahirkan akan mengempis dengan sendirinya. Mengingat keadaan ini tidak beresiko, karena itu Anda tak perlu cemas bila kaki jadi membengkak sesudah bersalin.

Langkah Menangani Kaki Abuh Sesudah MelahirkanWalaupun pembengkakan di kaki bisa mengecil dengan sendirinya, tapi Anda dapat lakukan banyak hal untuk percepat proses pengempisan abuh di kaki. Berikut langkah menangani kaki abuh saat melahirkan:

1. Kerjakan Pengenduran
Pembengkakan di ruang kaki sesudah melahirkan ini biasanya tidak dibarengi dengan rasa sakit. Anda masih bebas melakukan aktivitas seperti biasa. Malah bila Anda ingin mengempiskan kaki yang abuh, Anda tidak selalu harus duduk atau tiduran terus-terusan.

Kadang-kadang kerjakan pengenduran serta berdiri atau berjalan-jalan enjoy di seputar rumah. Pengenduran semacam ini akan menolong lancarkan perputaran darah di pada tubuh hingga bertambah lancar.

2. Rendam Kaki di Air Hangat
Air hangat bisa menolong tingkatkan saluran darah serta menahan varises. Gunakan air hangat ini untuk merendam kaki yang abuh. Untuk memberi dampak rileksasi yang lebih kuat, imbuhkan minyak aromatherapy ke air hangat itu. Pilih aroma lavender atau chamomile untuk memberi rasa nyaman.

3. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman
Sepanjang kaki masih abuh semestinya jauhi pemakaian sepatu hak tinggi atau alas kaki yang dasarnya begitu keras. Prioritaskan alas kaki yang dasarnya empuk serta nyaman di kaki Anda.

Pemakaian sepatu hak tinggi atau yang ukurannya begitu sempit cuma akan menghalangi perputaran darah di ruang kaki. Bacaterus merekomendasikan Anda untuk menggunakan sandal yang empuk atau sneakers dengan ukuran yang pas.

4. Memperbanyak Minum Air Putih
Percayakah Anda jika beberapa hal simpel bisa kurangi abuh di ruang kaki sesudah melahirkan? Ya, salah satunya hal simpel yang dapat Anda kerjakan ialah perbanyak minum air putih. Mungkin Anda bertanya-tanya tentang jalinan air putih serta kaki abuh. Mengonsumsi air putih bisa menolong ginjal keluarkan kelebihan cairan dari badan.

Seperti yang kita tahu, kaki abuh karena disebabkan jumlahnya cairan waktu waktu kehamilan yang tidak semuanya dikeluarkan oleh badan waktu bersalin. Jadi, membantu ginjal keluarkan cairan itu dengan minum air putih makin banyak.

5. Jauhi Menyilangkan Kaki Waktu Duduk
Beberapa orang merasakan nyaman saat menyilangkan kaki waktu duduk. Serta, mungkin Anda pun suka pada sikap duduk bersila. Sayangnya, Anda harus menghindarkan rutinitas menyilangkan kaki saat alami edema.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaki Bengkak Saat Melahirkan? Inilah Caranya Mengatasinya"

Post a Comment