Penemuan Bunga Anggrek Langka Di Goa Baru Pangandaran

Penemuan-Bunga-Anggrek-Langka-Di-Goa-Baru-Pangandaran
Objek wisata yang ada di alam ini memang selalu hadir dan seperti tak pernah habis. Setiap tahunnya selalu saja ada objek wisata baru yang siap untuk dieksplor.

Pangandaran misalnya, tak hanya kondang dengan wisata baharinya kini juga banyak wisata alam seperti Goa. Goa yang ditemukan di Pangandaran kembali muncul dan akan dijadikan sebagai objek wisata. Untuk info lengkap mengenai Goa Baru Pangandaran ini simak ulasan berikut.

Kembali Ditemukan Goa Di Pangandaran
Dilansir dari halaman berita https://www.harapanrakyat.com/ , goa baru kembali ditemukan di Pangandaran menyusul goa goa terdahulu yang kini telah dibuka untuk wisata. Goa Baru ini terletak di Desa Jadimulya, Langkaplancar, Pangandaran. Goa ini muncul dan tak pernah terjamah oleh manusia sebelumnya.

Di Desa Jadimulya ini juga sebelumnya sudah ditemukaan goa seperti Goa Lawang, Goa Apu, Goa Wayang, Hingga Goa Sinjang Lawang. Dan Goa baru ini ditemukan di sekitar goa goa yang sudah ditemukan lebih dulu.

Dilansir dari harianrakyat.com ada tim khusus yang sengaja datang untuk melakukan eksplorasi goa tersebut. Tim yang terdiri dari 6 orang ini mengatakan jika Goa tersebut tak pernah dijamah manusia. Penyebabnya adalah adanya banyak binatang buas di dalamnya. Masyarakat sekitar belum memberi nama goa ini lantaran memang tak pernah terjamah oleh manusia. Bahkan beredar jika ada kucing besar langka di dalam Goa Baru Pangandaran ini.

Dan benar saja ketika sampai pada mulut goa, tim khusus ini menemukan jejak kaki hewan yang besar. Jejak ini diduga adalah jejak kaki kucing besar yang telah menjadi bahan perbincangan warga sekitar. Warga sekitar juga mengatakan jika takutnya kucing tersebut buas dan bisa melukai manusia. Jejak kaki ini semakin jelas begitu masuk ke dalam goa dan panjang jejak kakinya sekitar 6 cm dan lebarnya sekitar 5 cm.

Tentu saja jejak itu tak akan sama dengan hewan kucing pada umumnya. Namun penelusuran tersebut hanya menemukan jejak kakinya saja tanpa ada rupa fisiknya. Tak hanya ada jejak hewan kucing besar yang masih menjadi misteri, ada juga jejak kaki hewan landak. Karena tak pernah dijamah manusia, tentu saja Goa ini menjadi tempat berlindungnya banyak binatang. Termasuk si sosok kucing besar yang masih belum ditemukan.

Goa Baru Yang Berpotensi Dijadikan Objek Wisata
Goa ini memiliki ukuran lebar sekitar 8 meter dengan tinggi 6 meter yang memiliki kedalaman hingga 70 meter. Lubang goa ini mengarah ke bagian atas dengan lebar yang lebih sempit dari lubang sebelumnya. Stalaktit dan stalakmitnya masih aktif 60% bahkan masih ada tetesan air di ujung stalagtit ini. Ornamen lain seperti flowstone dan juga column ditemukan di dalam Goa Baru Pangandaran ini.

Tim khusus yang menyelusuri goa ini juga menemukan lubang besar yang telah tertutup dengan patahan stalaktit. Sementara warga sekitar menerangkan jika goa tersebut digunakan sebagai tempat persembunyian atau pengungsian saat masa penjajahan. Goanya yang memang luas tentunya bisa menampung banyak orang pada saat itu. Namun setelah tahun berlalu tidak ada lagi warga yang berani menginjakkan kakinya di goa tersebut.

Dibalik kokohnya goa ini dan juga misteri soal binatang buas, Goa yang ada disekitaran ini juga memiliki keindahan tersendiri. Seperti misalnya Goa Apu dimana nama ini diberikan oleh masyarakat sekitar. Di Goa Apu terdapat ornamen batuan dan juga stalaktit yang masih aktif. Tim ini juga menemukan bunga Anggrek Kantung Semar yang sekarang keberadaannya langka. Alangkah baiknya jika bunga anggrek ini dibiarkan dan tak dipindahkan.

Keberadaan Goa goa baru ini tentu saja bisa dikembangkan menjadi sebuah periwisata khusus. Tak hanya itu fungsinya juga bisa digunakan untuk kawasan lindung bagi tanaman langka dan juga hewan langka. Kucing hutan di daerah tersebut memang masih ada dan bentuknya menurut warga hampir seperti harimau. Sementara untuk bunga Anggrek ini tak bisa sembarangan tumbuh seperti di Goa Baru Pangandaran ini sehingga harus dilindungi.

Goa yang terjadi karena aktivitas alam selama bertahun tahun memang mungkin muncul di berbagai daerah. Tergantung dari pihak berwenang saja apakah ingin menjadikannya sebuah wisata atau hanya sebagai peninggalan alam. Namun diharapkan hadirnya goa goa yang dianggap mistis tak disalahgunakan untuk ritual yang menyimpang dari agama. Lebih digunakan sebagai kawasan lindung agar menjadi asset besar tempat tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemuan Bunga Anggrek Langka Di Goa Baru Pangandaran"

Post a Comment