Inspirasi Kebun Organik Mini di Rumah, Ini 5 Langkah Mudahnya!




Apakah itu sayuran organik?

Sayuran organik ialah sayuran yang dibuat dengan alami tanpa ada beberapa bahan kimia, seperti pupuk kimia serta pestisida. Ada bermacam faedah yang didapat dari konsumsi sayuran organik. Apa sajakah? Tidak hanya mempunyai kandungan gizi yang tinggi, sayuran organik lebih fresh serta bertahan lama. Namun, tidak bisa disangkal jika harga sayur organik relatif tambah mahal dibanding sayur anorganik. Anda juga tetap harus siaga waktu beli sayuran organik. Beberapa masalah diadukan jika ada sayur organik palsu tersebar di market. Nah, sudah pernahkah terbesit oleh Anda untuk membuat kebun organik mini di dalam rumah? Contohnya, kebun sawi, bayam, kangkung, atau cabai organik. Tidak hanya lebih aman, membuat kebun organik mini di dalam rumah benar-benar gampang!

1. Pernah coba kebun vertikal?

Modal penting untuk membuat kebun organik mini di dalam rumah ialah tempat. Tak perlu tempat seluas sawah seandainya cukup untuk menanam sayur organik sesuai jumlahnya orang di dalam rumah. Jika tinggal di apartemen atau rumah yang tidak punyai tempat, siasati dengan kebun vertikal simpel. Bagaimanakah cara membuat? Pakai pot atau pralon jadi wadah menanam sayuran organik. Lalu, gantung vertikal di tembok atau diatur demikian rupa supaya kelihatan rapi. Tanpa ada memerlukan tempat luas, Anda sekarang dapat mempunyai kebun organik mini di dalam rumah! Asik kan?

2. Jika loyalitas belum kuat, lebih baik urungkan kemauan

Jika Anda telah berkemauan untuk membuat kebun organik mini di dalam rumah, bermakna Anda telah bersedia menyempatkan diri untuk berkebun. Paling tidak diperlukan waktu 30 menit /hari untuk menjaga kebun organik dengan teratur. Ini sebab pekerjaan berkebun memerlukan proses panjang. Diawali proses dari memangkas rumput, pilih serta menanam bibit yang pas, dan memupuk sampai menyiram sesuai dengan agenda. Berikut fakta kenapa Anda memerlukan loyalitas kuat untuk bikin kebun organik di dalam rumah. Bagaimana dengan loyalitas Anda sekarang?

3. Pakai pupuk organik untuk naikkan hasil panen

Hal penting selanjutnya yang tidak bisa terlewatkan ialah pemakaian pupuk organik. Karena arah awal membuat kebun organik, karena itu pupuk yang digunakan juga harus pupuk organik. Contohnya pupuk kompos atau pupuk kandang. Tidak hanya benar-benar gampang diketemukan di alam, ke-2 type pupuk ini berguna untuk tingkatkan kesuburan tanah. Lalu, bagaimana hasilnya waktu panen datang? Tidak hanya aman dikonsumsi, hasil panen sayuran organiknya juga semakin lebih fresh serta nikmat waktu disantap. Nantikan ditambah lagi?

4. Jangan sampai acuhkan peranan cahaya matahari!

Karena sayuran organik memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk proses alami fotosintesis, karena itu tempat kebun organik harus dilihat. Pilih tempat yang mendapatkan cahaya matahari langsung, tapi intensitasnya butuh dibatasi. Dengan intensif cahaya matahari yang cukup, karena itu sayuran organik akan tumbuh subur serta sehat. Sebaliknya, jauhi kebun organik berada teduh atau jauh dari cahaya matahari. Hanya karena akan menghalangi perkembangan sayuran organik tersebut.

5. Ketahui ciri tanah subur

Tanpa ada diakui, type tanah sering diacuhkan dalam membuat kebun organik mini di dalam rumah. Walau sebenarnya, tanah benar-benar bertindak penting dalam perkembangan kebun organik. Oleh karena itu, Anda harus mengukur tingkat kesuburan serta kandungan nutrisi dalam tanah sebelum menanam. Salah satunya ciri tanah subur, yakni berwarna cokelat kehitaman karena tingginya kandungan faktor hara di dalamnya. Untuk tingkatkan kesuburan tanah, campur dengan pupuk alami dengan perbandingan 1:1, 1:2, atau 1:3. Selanjutnya, diamkan sepanjang beberapa waktu. Tingkatan ini akan membuat tanah siap ditanami sayuran organik.
Jadi, bukan hal yang tidak mungkin untuk membuat kebun organik mini di dalam rumah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi Kebun Organik Mini di Rumah, Ini 5 Langkah Mudahnya!"

Post a Comment