Cuti Bersama 2020 Direvisi: Jadwal Liburanmu Masih Aman?


Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah yang digunakan untuk menghambat atau bahkan menghentikan penyebaran virus korona. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah melakukan revisi cuti bersama 2020. Seperti yang selalu dilakukan, terdapat cuti bersama untuk memperingati hari raya lebaran. Akan tetapi, sebagai bentuk pencegahan agar masyarakat Indonesia tidak melakukan tradisi mudik, cuti bersama dialihkan menjadi akhir tahun mendatang.

Revisi Cuti Bersama dalam Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri

Keputusan revisi cuti bersama diambil setelah Muhadjir Effendi, Menteri Perekonomian Bidang PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri. Hasilnya, Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang terdiri dari beberapa ketentuan dikeluarkan, yaitu:

1. 24 – 25 Mei 2020 ditetapkan sebagai hari libur karena adanya Hari Raya Lebaran
2. Terdapat tambahan untuk cuti bersama berkaitan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW
3. Cuti bersama untuk Hari Raya Lebaran yang awalnya ditetapkan pada 26 – 29 Mei 2020, menjadi berada di akhir tahun, yaitu 28 – 31 Desember 2020

Nah, keputusan tersebut menyebabkan banyak orang mulai mengatur jadwal liburan yang sebelumnya sudah direncanakan. Beberapa moda transportasi umum juga ada yang memberikan layanan pengembalian uang secara menyeluruh bila tiket moda transportasi dikembalikan. Kebijakan tersebut dilakukan agar tidak banyak orang yang merugi akibat penyebaran virus korona.

Setelah mengetahui beberapa perubahan cuti bersama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apakah rencana liburanmu masih aman? Di tengah pandemi yang sedang terjadi, berdiam diri di rumah merupakan hal yang bijak. Akan tetapi, hal itu bukan menjadi alasan untuk kamu mencari kesenangan. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang.

1. Mengasah Soft Skill

Sebagian orang banyak yang mengeluh bahwa mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengembangkan kemampuan mereka. Di tengah pandemi yang sedang melanda, kamu bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan hal-hal yang selama ini terlewat. Kamu bisa mengembangkan skill dengan mulai berlatih, belajar dengan mengikuti online course dan lain sebagainya. Setelah pandemi ini berakhir, dijamin kemampuanmu akan lebih matang sehingga kamu bisa lebih siap untuk menapaki karir yang lebih baik.

2. Melakukan Hobi

Selain mengasah soft skill, kamu juga bisa melakukan hobi yang selama ini sulit untuk kamu kerjakan. Mulai dari merajut, membaca buku, mencoba resep baru, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa membersihkan rumah. Kalau menemukan barang yang sudah tidak kamu gunakan, tapi masih bisa kamu pakai, kamu bisa menjualnya. Kegiatanmu bisa menjadi hal yang menguntungkan, bukan?
Meski perubahan tanggal cuti bersama dilakukan, diharap kamu tidak kehilangan semangat untuk melakukan berbagai macam hal, ya. Toh, kebijakan itu diambil untuk kebaikan bersama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cuti Bersama 2020 Direvisi: Jadwal Liburanmu Masih Aman?"

Post a Comment