3 Manfaat Konsumsi Daging Sapi yang Wajib Anda Ketahui

3-Manfaat-Konsumsi-Daging-Sapi-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Hari raya Idul Adha baru saja berlangsung dan mungkin Anda masih punya stok daging sapi di rumah. Mengkonsumsi daging sapi yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kadar kolesterol dalam darah tinggi. Setiap 100 gram daging sapi terdapat kolesterol cukup besar sekitar 60-120 mg. Oleh sebab itu, Anda wajib membatasi konsumsi daging sapi atau daging hewan yang lain. Jika konsumsi daging sapi dalam porsi yang cukup, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang dirangkum SehatQ.com berikut ini!

Manfaat mengkonsumsi daging sapi

Daging sapi bisa dimasak menjadi menu kuliner yang istimewa seperti steak, bistik, rendang, gulai, sup, dan lain-lain. Meski tinggi kolesterol dan lemak jenuh, daging sapi mengandung banyak manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi secara wajar. Berikut 3 manfaat mengkonsumsi daging sapi yang wajib Anda ketahui.

1. Bisa mempertahankan massa otot

Sebagai sumber protein hewani yang tinggi, daging sapi mengandung asam amino esensial yang bisa menurunkan risiko sarcopenia. Seiring pertambahan usia, massa otot mengalami penurunan yang bisa dicegah dengan konsumsi protein dari daging sapi, ikan dan produk susu rendah lemak. Jangan lupa untuk meningkatkan massa otot dengan aktif melakukan latihan kekuatan.

2. Bisa meningkatkan fungsi otot lebih baik

Info kesehatan yang wajib Anda ketahui dari konsumsi daging sapi adalah bisa meningkatkan fungsi otot dengan baik. Kinerja aktivitas fisik atau olahraga bisa lebih optimal sebab mengandung karnosin yang cukup tinggi. Setidaknya Anda yang mengkonsumsi daging sapi tidak akan gampang kelelahan. Aktivitas harian Anda menjadi lebih produktif, bukan?

3. Bisa mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang ditandai dengan lemas dan mudah lelah. Pemicu anemia disebabkan oleh faktor makanan yang kurang mengandung zat besi. Kebutuhan zat besi dalam tubuh tidak terpenuhi sehingga Anda mengalami anemia.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi daging sapi yang mengandung zat besi jenis besi heme yang mudah diserap oleh tubuh. Sedangkan zat besi non heme banyak terdapat pada makanan nabati seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang konsumsi daging sapi juga menunjukkan peningkatan penyerapan zat besi non heme, lho!

Cara aman mengkonsumsi daging sapi yang baik

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat mengkonsumsi daging sapi tanpa khawatir mengalami risiko kolesterol, SehatQ.com menyarankan Anda untuk memperhatikan porsi makan daging sapi tidak lebih 100 gram per hari. Selain itu, Anda harus melakukan pembatasan konsumsi sumber protein hewani maksimal tiga kali dalam seminggu.

Anda harus memasak daging sapi dengan cara memanggang di rak loyang oven paling atas. Biarkan lemak bisa menetes sehingga tidak mengandung lemak jenuh yang memicu kolesterol. Hindari memasak daging sapi dengan cara digoreng atau dicampur dengan kuah santan. Anda juga tidak boleh mengkonsumsi daging sapi setengah matang yang memiliki risiko mengandung bakteri atau daging yang matang berlebihan. Daging yang terlalu matang bisa kehilangan kandungan protein, lho!

Agar Anda lebih yakin dalam mengkonsumsi daging sapi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter ahli gizi. Anda bisa mendapatkan info kesehatan yang sesuai dengan kondisi atau riwayat penyakit yang diderita lewat konsultasi gratis di SehatQ.com sekarang juga. Kini tanya jawab dengan dokter bisa dilakukan lebih mudah, bukan? Jika Anda butuh pemeriksaan lebih lanjut, bisa booking jadwal kunjungan ke dokter atau klinik terkait lewat aplikasi yang praktis dan efisien.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Manfaat Konsumsi Daging Sapi yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment