Memilih Buah Pisang untuk MPASI Bayi? Ini 4 Manfaatnya

5-Cara-Menangani-Migrain-Secara-AlamiMemilih-Buah-Pisang-untuk-MPASI-Bayi?-Ini-4-Manfaatnya
Foto: Canva.com pro

Bayi yang sudah berusia 6 bulan bisa diberi asupan lain selain ASI. Asupan yang dimaksud berupa MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Jika memiliki buah hati yang menginjak usia tersebut, Anda bisa memberi pisang untuk bayi sebagai MPASI. Karena pisang mempunyai sederet manfaat untuk kesehatan bayi.

Manfaat Pisang untuk Bayi

Buah pisang sangat baik diberikan untuk bayi yang sudah terbiasa dengan MPASI. Selain karena mudah dicerna, pisang dibekali deretan manfaat untuk bayi. Yuk lihat manfaat pisang jika diberikan pada bayi di uraian berikut!

1. Membuat Mata Lebih Jernih

Pisang mempunyai kandungan gizi yang melimpah. Mulai dari serat, mineral, hingga vitamin. Satu dari sekian vitamin yang terkandung di dalam buah pisang adalah vitamin A. Vitamin yang satu ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin ini juga berguna untuk memberikan perlindungan ekstra pada retina bayi. Jika Anda memberikan MPASI berupa pisang secara rutin untuk bayi, maka ini bisa membantu meningkatkan kesehatan mata si kecil.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah pisang memiliki tekstur yang sangat lembut. Selain itu, buah pisang juga diperkaya oleh serat yang tinggi. Sehingga, organ pencernaan bayi bisa dengan mudah mengolahnya. Hal ini membuat buang air besar bayi menjadi lebih lancar. Karena feses yang dikeluarkan cenderung lebih lunak.

Anda bisa memberikan pisang untuk bayi dalam bentuk bubur agar lebih mudah ditelan. Pilihlah pisang yang matang agar mudah dikonsumsi bayi.

3. Daya Serap Otak Meningkat

Fungsi utama dari sebuah pisang jika diberikan kepada bayi secara rutin adalah bisa meningkatkan daya serap otak. Bayi yang sering diberi MPASI berupa pisang akan lebih optimal perkembangan otaknya. Karena buah pisang mempunyai asam folat yang kadarnya tinggi. Zat ini akan membentuk DHA yang berperan aktif untuk perkembangan otak. Selain itu, zat ini juga mampu menaikkan daya konsentrasi bayi.

4. Sumber Karbohidrat

Alasan buah pisang cocok digunakan sebagai MPASI untuk bayi selanjutnya karena bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat. Tak heran jika bayi yang diberi asupan buah pisang secara rutin, maka energinya akan meningkat. Bayi akan bergerak lebih aktif dan ceria karena merasa kenyang. Tak hanya itu, berat badan bayi juga akan bertambah karena asupan karbohidrat dari buah pisang.

Nah, itulah review tentang manfaat pisang jika diberikan kepada bayi yang sudah mendapat asupan MPASI. Anda juga bisa menjadikan buah ini sebagai salah satu alternatif MPASI untuk bayi. Karena manfaat pisang untuk bayi sudah terbukti baik untuk kesehatannya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Sumber:

  • https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bernadine/manfaat-pisang-untuk-mpasi
  • https://www.halodoc.com/artikel/pisang-sebagai-mpasi-ini-segudang-manfaatnya-untuk-bayi
  • https://kumparan.com/kumparanmom/manfaat-pisang-sebagai-menu-mpasi-bayi 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memilih Buah Pisang untuk MPASI Bayi? Ini 4 Manfaatnya"

Post a Comment